Program Kerja Pengurus DKM. Periode 2008-2011

“Sosialisasi Rencana Program Kerja DKM Baitussalam”

kepada pengurus RT dan RW 07

Tgl : 06-12-2008

I. Tim pengurusan jenazah

Tujuan :

Tim pelayanan jenazah dibentuk dengan tujuan untuk membantu keluarga muslim di lingkungan perumahan kalibaru permai RW 07 Cilodong Depok yang sedang mengalami kematian.

Hak dan Kewajiban anggota :

  1. Hak anggota :

– Setiap anggota (peserta muslim) yang tercantum dalam kartu keluarga apabila mendapat musibah kematian mendapatkan pelayanan dari tim pelayanan jenazah dari pemasangan bendera kuning, rangkaian bunga ronce, tabur, pemasangan tenda, kursi, bantuan pengurusan surat kematian dari puskesmas/kelurahan, pemberian uang duka dan 1 (satu) paket perawatan lengkap pelayanan jenazah berupa kain kafan/putih, kapas, air mawar, bubuk cendana, kapur barus, sabun, papan nisan kayu jati di politur, papan dinding ari 12 lembar, amil memandikan, mengkafankan, membacakan do’a di makam, mensholatkan, bak mandi untuk memandikan jenazah dan kendaraan jenazah ke makam (jabodetabek), serta takziah atas permintaan keluarga.

– Anggota keluarga (Ayah, Ibu, Mertua, Kakak, Adik) yang tinggal serumah atau sedang bertamu walaupun tidak tercantum dalam kartu keluarga apabila mendapat musibah kematian mendapatkan pelayanan yang sama dengan anggota peserta.

– Bagi anggota yang telah menjadi anggota pelayanan jenazah di tempat lain, tim akan memberikan penggantian biaya sesuai tarif yang ditetapkan oleh organisasi pelayanan jenazah ditempat lain tersebut (hanya di lingkungan jabodetabek).

Disamping pelayanan diatas tim juga siap membantu pengurusan berupa :

– Pengurusan mobil jenazah untuk ke luar wilayah jabodetabek.

– Pengurusan bus untuk pelayat.

– Mobil atau motor pengawalan ke makam.

Dengan catatan biaya ditanggung oleh pihak keluarga duka.

  1. Kewajiban anggota :

– Setiap kepala keluarga/anggota mempunyai kewajiban membayar uang iuran sebesar Rp. 10.000,-/bln yang akan di pungut petugas tim pelayanan jenazah. Anggota yang mendapat musibah kematian melaporkan langsung kepada tim pelayananan jenazah, ketua RT dan atau RW setempat.

– Setiap ada musibah kematian anggota mengeluarkan dana tambahan Rp. 5.000,- yang ditarik oleh petugas bersamaan dengan iuran bulan berikutnya.

– Apabila dalam 1 (satu) bulan lebih dari 2 (dua) orang yang mengalami musibah kematian, maka anggota dapat mencicil.

Kerjasama :

Dalam melaksanakan kegiatannya, tim pelayanan jenazah Baitussalam dapat mengadakan kerjasama dengan pihak-pihak lain yang terkait dengan kegiatan pelayananan jenazah (rumah sakit, puskesmas, makam dll).

Keuangan :

– Uang iuran yang masuk digunakan untuk membeli peralatan yang belum dimiliki tim, dan bila memungkinkan untuk pengadaan ambulance.

– Setiap enam bulan tim wajib membuat laporan keuangan kepada pembina (RW), pengawas (Ketua DKM) dan anggota.

– Setiap saat pembina dan pengawas dapat mengadakan pemeriksaan pembukuan yang dibuat oleh bendahara.

“Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS : Al Munaafiquun(63):11)).

“Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula). (QS: Az Zumar(39):30))

Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya… (QS: Ali Imran(3):145))

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, … (QS: An Nisaa(4):78))

II. Upaya Pengembangan Dana Masjid (potensi sadaqah/infaq jamaah).

Tujuan :

Sehubungan dengan tujuan bersama memfungsikan masjid sebagai pusat meningkatkankan iman dan ilmu seperti di masa Rasulullah SAW untuk itu diperlukan aktivitas-aktivitas yang membuat masjid menjadi lebih hidup dan makmur, untuk mendukung semua kegiatan agar berjalan dengan nyaman dan lancar serta melihat kondisi bangunan masjid yang membutuhkan pengembangan sementara kondisi keuangan yang belum memungkinkan, maka akan dilakukan kegiatan-kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan keuangan masjid dengan berbagai kegiatan seperti berikut :

  1. Tim Dasimat

Insya Allah akan melakukan kegiatan pembedayaan umat melalui :

– Koperasi Syariah/BMT Syariah.

– Pengelolaan Zakat Infaq Sadaqah

– Pembentukan warga yang berniat ikhlas untuk menjadi donatur tetap.

– Merapihkan penarikan kenclengan setiap minggu (penarikan dilakukan setiap minggu sore bada ashar sekira jam 16.00 s/d selesai oleh petugas yang ditunjuk, petugas penarikan mendapat jasa 5% dari total yang didapat).

  1. Tim Bangsana

Insya Allah akan melakukan kegiatan pengumpulan dana pula untuk pengembangan sarana & prasarana masjid dan pengembangan masjid (pembebasan tanah) melalui :

– Penawaran sertifikat wakaf tanah untuk warga yang berniat ikhlas berwakaf sebidang tanah minimal 1 meter dengan harga yang ditetapkan kemudian.

– Penggalangan dana dari pihak-pihak luar.

Demikian sosialisasi program DKM periode 2008-11 kami sampaikan, partisipasi dan dukungan do’a, dana, fikiran dan tenaga Bapak sekalian insya Allah menjadi ladang amal untuk bekal kehidupan akhirat kita nanti.

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu” (QS: Muhammad (40:7)).

“(Lukman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.(QS:Lukman (31:16))

Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula. (QS:Az Zalzalah(99:7-8)).

Semoga Allah meridhoi usaha kita bersama, jazakumullah khairan khasiran..

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Dewan Kemakmuran Masjid Baitussalam,

Ponco Widiarso Sigit Hardi Ismanto

Ketua Umum Sekretaris Umum

Catatan hasil sosialisasi :

– Respon peserta rapat (pengurus RT & RW) sangat mendukung, agar cepat direalisasikan.

– Bp. Ari ketua RT 01, akan menghubungi donator perusahan untuk pengadaan ambulance.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: